Tata Cara Wudhu Yang Sesuai Sunnah

No Comments informasi

Umat muslim di seluruh penjuru dunia pastinya sudah mengetahui bahwa sebelum hendak melaksanakan ibadah shalat maka rukun yang wajib dilakukan ialah berwudhu. Wudhu sendiri memiliki artian sebagai bentuk pensucian diri agar sebelum melaksanakan ibadah kita  terbebas dari hadats.

Saking pentingnya wudhu ini bahkan bisa saja ibadah shalat seseorang tidak diterima oleh Allah SWT karena terdapat gerakan-gerakan yang belum sempurna atau niatan dan bacaan doa yang masih salah. Untuk menghindari hal-hal seperti itu maka sebaiknya kita sebagai umat muslim mempelajari tata cara berwudhu yang baik dan benar.

Karena wudhu ini merupakan awalan sebelum kita akan memulai shalat, maka wudhu ini menjadi sangat penting. Untuk itu kita akan membahas tata cara wudhu yang sesuai yang diajarkan agar ibadah shalat kita bisa bernilai pahala untuk kita dan setidaknya jika pada bagian awalnya kita sudah berusaha menyempurnakannya maka Insha Allah ibadah selanjutnya pun akan menjadi khusyuk.

Berikut ini merupakan tata cara wudhu yang sesuai dengan tuntunan yang di anjurkan, sebagai berikut.

  1. Membaca niat wudhu

Niatan awal dalam berwudhu ini dianggap sebagai awal mula bukti kesungguhan kita saat hendak melaksanakan ibadah. Berikut ini bacaan niat wudhu yang bisa dibaca :

“Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

  1. Membaca Basmallah

Setelah kita membaca niat wudhu maka kita bisa melanjutkan dengan membaca basmallah sambal mulai ke geraka wudhu yang pertama.

  1. Memulai gerakan wudhu

Gerakan wudhu yang pertama yang harus kamu lakukan yaitu :

Poster Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah | Toko Muslim Title

source : toko-muslim.com

  • Membasuh telapak tangan hingga ke sela-sela jari sebanyak 3 kali, ini berfungsi untuk membersihkan hadats kecil yang mungkin menempel di telapak tangan.
  • Membasuh lubang hidung sebanyak 3 kali dengan cara menghirup air kedalam lubang hidung kemudian mengeluarkannya lagi dengan cara menutup satu per satu lubang hidung.
  • Membasuh wajah 3 kali mulai dari ujung kepala tempat tumuhnya rambut sampai ke bawah dagu
  • Mencuci kedua lengan sampai siku dengan memulai gerakan dari bagian lengan sebelah kanan barulah ke sebelah kiri.
  • Mengusap kepala dengan cara membasuhnya mulai dari kepala bagian depan hingga kepala bagian belakang
  • Membersihkan telinga, gerakan ini sebenarnya bisa langsung dilanjutkan dari gerakan membasuh kepala tanpa harus mengambil lagi air. Usaplah kedua daun telinga secara bersamaan.
  • Mencuci kedua kaki sebanyak 3 kali, batas mencuci kedua kaki ini yakni sampai mata kaki dan bisa dimulai dari membasuh kaki bagian kanan barulah kemudian diikuti kaki kiri.
  1. Membaca Doa Setelah Wudhu

Setelah melakukan semua gerakan wudhu tersebut jangan lupa untuk mengakhiri wudhu dengan membaca doa setelah wudhu sebagai berikut :

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Itulah tata cara wudhu yang baik dan benar yang harus kamu lakukan agar kamu mendapatkan pahal shalat yang sempurna karena wudhu ini merupakan awalan apakah ibadah kamu bisa diterima atau tidak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *