Bagaimana Melakukan Riset Pemasaran Kualitatif

Bagaimana Melakukan Riset Pemasaran Kualitatif

Ada banyak cara untuk melakukan penelitian kualitatif, tetapi sebelum memilih cara untuk melakukan penelitian pemasaran kualitatif, ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu menentukan gaya mana yang paling efektif untuk digunakan.

Sebagai sebuah perusahaan, apa yang ingin diketahui secara spesifik dapat menjadi dasar jawaban apa yang harus dicari ketika penelitian dilakukan. Untuk tujuan apa penelitian ini akan dilakukan Apakah Anda ingin mendapatkan informasi karena Anda berencana untuk membuat sesuatu yang sama sekali baru Apakah Anda ingin tahu bagaimana produk atau layanan saat ini dapat ditingkatkan Jasa Pajak Bulanan Jakarta. Atau apakah Anda berpikir untuk menghapus beberapa barang dan jasa

Pertanyaan selanjutnya yang harus dijawab adalah dari siapa Anda ingin mendapatkan jawaban ini – siapa target pasarnya. Baik itu anak muda, pengusaha, masyarakat umum, dan sebagainya. Ketika semua hal di atas diuraikan dengan jelas, mudah untuk memilih bagaimana hal itu akan dilakukan.

Memilih perusahaan pemasaran kualitatif akan bergantung pada metode bagaimana informasi dikumpulkan; apakah Anda lebih suka etnografi, atau kompilasi narasi yang direkam atau tidak, apakah Anda ingin semuanya dalam video atau tidak.

Berikut adalah metode riset pemasaran kualitatif

A. Observasi – dalam metode ini seorang peneliti akan mengamati subjek dalam zona nyamannya. Pengetahuan seorang peneliti di lapangan dan pelatihan membedakan ketajaman pengamatan mereka dari responden.

B. Wawancara – ini biasanya dilakukan satu lawan satu, di mana seorang peserta akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dipandu dan didorong untuk berbagi rincian lainnya dalam proses penelitian. Beberapa wawancara dapat dilakukan di telepon atau secara langsung dan saat ini, bahkan secara online.

C. Focus Groups – sekelompok responden disatukan untuk bergabung dalam satu penelitian. Ada fasilitator kelompok yang bertemu dengan mereka sekali atau lebih dalam seminggu tergantung pada kebutuhan dan mereka mendiskusikan masalah, pertanyaan, yang diberikan oleh pawang. Buletin online, atau berada di tempat yang disediakan oleh perusahaan riset pemasaran adalah cara di mana sebuah kelompok dapat bertemu.

D. Alat Seluler dan Internet – tergantung pada target pasar, alat yang berbeda dapat dimaksimalkan untuk mendapatkan informasi seakurat mungkin. Penelitian mobile dan internet adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan tanggapan real time dari responden dan bahkan lebih visual.

Di akhir proses pengumpulan data, analisis dan solusi atau rekomendasi yang mungkin semuanya dimasukkan dalam laporan yang dapat berupa kombinasi dari aspek kualitatif dan kuantitatif agar perusahaan dapat memvisualisasikan hasil penelitian dan bagaimana cara melakukannya. menggunakannya dalam mempersiapkan langkah mereka selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *