Apa Keanekaragaman NYATA Antara Kabel THHN Dan THWN

No Comments Uncategorized

Apa Keanekaragaman NYATA Antara Kabel THHN Dan THWN

Pengantar singkat untuk kedua jenis kabel terfokus, akan memberi kita gambaran tentang apa yang mereka berdua lakukan. Singkatan THHN sebenarnya mengacu pada kabel berlapis Nylon Tahan Panas Termoplastik Sewa Genset Jakarta. THWN adalah singkatan dari Thermoplastic Heat and Water resistant Nylon tertutup kabel. Satu jenis lagi juga hadir di pasar yang dikenal sebagai kabel berperingkat ganda, yang pada dasarnya merupakan gabungan dari keduanya – THHN/THWN-2 sehingga pengguna dapat memperoleh manfaat dari kabel yang sama terlepas dari kondisi variabel.

Apa spesifikasi kabel THHN?
Salah satu jenis yang lebih tua tetapi masih sangat populer karena lebih murah daripada yang lain; kabel ini dirancang untuk kebutuhan kabel listrik yang paling jelas dan dapat beroperasi di area KERING atau agak lembab yang mendukung suhu hingga 90oC atau 194oF. Stamping pada semua kabel menunjukkan kekuatannya, dan kondisi tempat mereka dapat beroperasi.

Apa detail kabel THWN?
Dibawa ke pasar konsumen setelah sebelumnya diperkenalkan untuk pemilik rumah dan area komersial yang harus bekerja dalam kondisi lembab; Kabel THWN juga tahan panas dan lembab. Alfabet ‘W’ secara khusus menunjukkan Air, yang mengubah singkatan total dan ketahanannya terhadap area panas tinggi juga. Kabel THWN dibuat untuk suhu yang berkisar kurang dari 75oC atau 167oF.

Dibuat untuk tempat berair ini pernah dijual terpisah dari jenis THHN tetapi kabel terbaru sekarang dibuat dengan bahan yang disetujui dari kedua sertifikasi sehingga dapat bertahan dalam kedua kondisi yang disebutkan di atas.

Saat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan bingung antara sufiks lain seperti THHW dan/atau XHHW karena sufiks tersebut dibuat untuk suhu dan kondisi yang sangat berbeda. Kawat yang memiliki peringkat ganda akan bekerja dalam kondisi ganda juga sehingga kedua jenis pelanggan mendapat manfaat dari jenis yang sama.

Ingatlah hal ini meskipun dengan keuntungan ada kerugian juga; ketika kabel berperingkat ganda diperhatikan, resistansi 90 derajat kemungkinan besar tidak pernah disentuh oleh produsen kabel. Alasan dasar untuk rating 90o amp adalah untuk menghitung suhu sekitar, membuat bundel terpisah, dan persyaratan perhitungan lainnya. Jika mereka pernah berjalan melalui saluran atau konduktor, batas maksimum kemungkinan besar adalah 75 derajat karena selubung Nylon yang digunakan dalam pembuatannya. Dan jika Anda akan menggunakan jenis kabel NM (non-logam; tidak pernah dipilih oleh konsumen komersial) atau NMB (juga dikenal dengan merek Romex), batas maksimum terlepas dari jenis kabelnya adalah 600C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *